Ikut pelatihan online punya banyak manfaat loh! Salah satu manfaatnya, pelatihan online menawarkan fleksibilitas waktu bagi kamu yang gemar upgrade skill. Saat mengikuti pelatihan online, peserta pelatihan memiliki akses yang mudah ke mentor. Peserta dapat dengan mudah mengontrol lingkungan belajar sehingga dapat memahami pelatihan lebih dalam.

Popularitas pelatihan online mengalami peningkatan luar biasa. Pelatihan online menjadi jawaban atas keinginan kemajuan pada karir. Kemajuan karir mencakup peningkatan keterampilan, promosi atau kenaikan jabatan dan gaji, atau perubahan bidang karir. 

Pelatihan terbukti bermanfaat untuk meningkatkan hasil kinerja. Pelatihan online menjadi wadah upgrade skill yang mendukung kemajuan perusahaan. Namun pelatihan online mempunyai tantangan tersendiri, mulai dari permasalahan sinyal hingga komitmen ikut pelatihan yang naik-turun. 

Untuk memaksimalkan keberhasilan pelatihan online, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. 8 Tips berikut ini akan membantu kamu menghadapi tantangan dan mendapatkan potensi maksimal dari pelatihan online yang diikuti. 

Kenali Potensi Diri

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah memetakan potensi diri, tujuan, dan rencana kamu. Kenali passion dan potensi diri terlebih dulu. Hal ini membantu kamu menemukan pelatihan mana yang paling cocok denganmu. 

Selanjutnya, dengan menetapkan tujuan membantu kamu mencapai daily goals pelatihan yang dituju. Tiap ikut pelatihan online kamu mesti punya target rutin. Target harian kelak mengantarkan kamu pada target utama.

Pilih Tempat Pelatihan Online Terbaik

Selain memilih jenis pelatihan yang cocok, kamu juga mesti memperhatikan tempat pelatihan online. Institusi pelatihan online yang memiliki reputasi baik, dinilai lebih berharga. Semisal antara universitas terkemuka dan lembaga nirlaba, perekrut lebih menghargai kredensial dari universitas terkemuka daripada lembaga nirlaba. 

Kredensial merupakan surat atau sertifikat yang menyatakan skills yang ada dalam diri kamu. Kredensial tersebut berguna untuk meningkatkan daya tarik resume, terutama jika kamu tidak memiliki pengalaman lapangan pada bidang pelatihan yang diambil. Sertifikat atau lencana digital dapat diposting di LinkedIn untuk memberi tahu perekrut bahwa kamu berhasil lulus pelatihan online. 

Berpartisipasi secara Aktif

Partisipasi aktif yang kamu berikan bersifat subjektif. Cobalah ajukan pertanyaan, atau berpikir kritis tentang apa yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Dengan berpartisipasi, kamu bisa menyerap, memahami, dan mempertahankan materi yang dipelajari. 

Bangun Relasi dengan Peserta Lain

Pelatihan online dibangun dengan konsep kolaborasi. Relasi yang terjalin dari pelatihan online, tidak bisa disepelekan begitu saja. Libatkan diri dalam percakapan dengan peserta lain. Cobalah membangun sistem komunikasi yang dapat menyatukan semua peserta. 

Tidak hanya itu, kelompok belajar bisa menjadi wadah belajar bersama. Diskusikan topik terkait pelatihan online, ketahui perspektif dari peserta lain. Dengan mengetahui perspektif peserta lain, maka kamu semakin luas pengetahuannya. 

Bikin Jadwal Pelatihan

Fleksibilitas waktu menjadi manfaat besar sekaligus tantangan yang unik. Peserta akan belajar bertanggung jawab lebih besar untuk mengelola waktu pelatihan dan keseharian mereka. Buat jadwal dan kelola waktu dengan bijak. 

Belajar secara mandiri memang tidak pernah mudah. Teknologi hanya memberikan kemudahan akses tanpa batas ruang dan waktu. Namun kesuksesan sebuah pelatihan ditentukan oleh kamu sendiri. 

Catat Poin Penting

Proses belajar dari pelatihan online merupakan kombinasi berdiskusi, mendengar, menonton, dan mencatat. Agar kamu tidak lupa apa saja yang dipelajari saat pelatihan sebaiknya kamu mencatat. Poin-poin penting yang kamu catat dapat sangat berguna setelah pelatihan berakhir.

Review Materi Pelatihan

Kesuksesan sebuah pelatihan keterampilan berkorelasi dengan ketekunan. Mereview kembali materi, menonton ulang video, atau mencermati test secara berkala terbukti menguatkan pemahaman. Faktanya, kemahiran bukanlah hasil dari sekedar nilai di atas kertas, tetapi merupakan proses mencoba, dan mencoba kembali. 

Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman mendukung kamu memahami pelatihan secara optimal. Siapkan suasana belajar yang kondusif dan aman dari gangguan. Temukan spot yang menggeliatkan produktivitas. Kamu juga mesti memastikan koneksi internet yang stabil saat pelatihan berlangsung. 

Bukan hanya gangguan dari lingkungan, kamu perlu juga menyiasati gangguan yang hadir secara subjektif. Misalnya, mengecek ponsel, email, atau justru menonton video di Youtube dan tak mengindahkan materi pelatihan. 

Saat ini tersedia banyak pelatihan online baik yang berbayar maupun gratis. Tingkatkan potensi diri kamu melalui pelatihan online sebaik mungkin. Jangan ragu, yang terpentin persiapkan dirimu! 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment