Melansir Viva.co.id, orang Indonesia lebih suka bermain game daripada menonton televisi ataupun film. Selain itu, 78,8 persen orang Indonesia senang menghabiskan waktu untuk menonton konten-konten gaming. 

Melihat besarnya ketertarikan pada game ini, peluang karir game streamer terlihat cukup menjanjikan. Game streamer adalah orang yang bermain game, merekamnya, kemudian menayangkannya di platform online seperti Youtube atau Twitch untuk ditonton publik.  

Berapa gaji seorang streamer? Game streamer mendapat bayaran dari platform online yang digunakan. Misalnya Twitch, mampu menawarkan penghasilan tetap senilai 100 dolar AS (Rp 1,4 juta) untuk iklan selama 2 menit per jam. Bahkan 500 dolar AS (Rp 7,1 juta) untuk iklan 4 menit setiap jamnya.

Wah, seru banget kan main game sambil dibayar. Lalu, bagaimana cara menjadi game streamer? Simak 6 cara menjadi game streamer berikut ini!

Mengapa Game Streaming Disukai?

Ada lima alasan mengapa orang suka menonton game streaming, sebagai berikut.

1. Mempelajari Game

Banyak orang yang suka bermain game, namun belum tentu jago main gamenya. Nah, dengan menonton game streaming seseorang bisa mempelajari informasi, strategi dan cara bermain game tersebut. 

2. Mengetahui Alur Game

Alur atau jalan cerita berkaitan dengan latar belakang dan konflik yang ada dalam game. Seringnya karena terlalu fokus dengan gameplay, seorang gamers tidak memahami alur game yang dimainkan. Selain dengan komunitas, konten game streaming bisa membantu memahami alur game dengan mudah.

3. Mencari Referensi Memulai Karir

Mencari referensi konten game streamer yang disukai sangat penting untuk memulai karir game streamer. Tujuannya untuk mendapatkan referensi konten terbaik bagi channel sendiri seperti teknik streaming, game yang ramai di pasaran, atau skill bermain game tertentu.

4. Mencari Hiburan

Untuk bermain game tertentu dibutuhkan spesifikasi perangkat yang mumpuni dan biasanya mahal. Jalan alternatif yang dipilih untuk memuaskan rasa penasaran adalah menonton orang yang memainkan game itu.

5. Support Game Streamer Favorit

Audiens konten gaming diantaranya pro player atau mereka yang ingin menjadi pro player, atau para gamer casual. Gaming adalah hobi. Biasanya gamer casual memiliki gamer streamer favoritnya masing-masing. Entah karena skillnya, atau kepribadiannya yang menarik. Rasa tertarik ini mengantarkan mereka untuk terus menonton konten game streaming idola mereka. Kamu mau jadi game streamer yang diidolakan juga nggak?

Cara menjadi Game Streamer

1. Persiapkan Alat dan Perlengkapan

Cara menjadi game streamer dimulai dengan menyiapkan alat dan perlengkapan streaming. Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi streamer game? Peralatan esensial yang dibutuhkan antara lain, komputer atau laptop, mikrofon, headset gaming, green screen, lighting, dan kursi gaming. Nggak mesti high-end kok, beli aja yang sesuai budget kamu.

2. Fokus Mainkan Game yang Dikuasai

Streamer profesional andal dalam banyak game, namun terkecoh. Cara menjadi game streamer bermodalkan menguasai satu game saja. Dengan berfokus hanya ke satu game membuat kamu dapat memahami berbagai trik di game tersebut. Pilih satu dari game terbanyak yang dimainkan seperti Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG.

3. Bangun Personal Branding

Game streamer yang terkenal memiliki personal branding-nya masing-masing. Bangun ciri khas yang unik untuk membuat orang tertarik. Misalnya, saat gaming kamu bisa sambil bernyanyi, atau pandai ngejokes. Semakin unik personal branding yang dibangun semakin cepat kamu bisa dikenal di industri game.

4. Upgrade Skill Gaming

Skill basic bermain game belum cukup mengantarkan kamu jadi seorang game streamer. Kelas Esports di Qourse.Id bisa bantu kamu untuk upgrade skill gaming Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Ditemani mentor berpengalaman, kamu bisa belajar strategi dan trik mempertahankan basis tim, menghancurkan basis musuh, dan termasuk membaca permainan lawan. Ini adalah cara menjadi game streamer yang andal dalam waktu yang relatif cepat. 

5. Pilih Platform Live Streaming

Ada banyak platform live streaming yang tersedia, yaitu Youtube, Twitch, Facebook Gaming, Nimo TV, Likee, Omlet Arcade, dan Streamlabs. Pilih platform terbaik untuk membangun komunitas penonton gaming kamu. Sesuaikan dengan karakter, minat, dan target penonton.

6. Streaming secara Rutin

Konsistensi adalah cara menjadi game streamer yang profesional. Tunjukkan kemampuan gaming secara live. Buat jadwal rutin untuk live streaming game. Lakukan dengan konsisten sampai kamu punya banyak penonton.

Itulah 6 cara menjadi game streamer. Tiada usaha yang sia-sia, yuk semangat upgrade skill supaya jadi pro player!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.