Sudah beli pelatihan Prakerja tapi bingung kenapa kode voucher prakerja tokopedia tidak muncul? Bagaimana jika kode voucher prakerja tokopedia tidak muncul? Apa ya yang mesti dilakukan? Supaya nggak bingung lagi, simak yuk panduan berikut ketika kode voucher prakerja tokopedia tidak muncul. 

Cara Cek Voucher

Setelah membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia apa yang harus dilakukan? Jawabannya langsung cek kode voucher. Bagaimana cara melihat kode voucher di Tokopedia? Periksa kode voucher dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Tokopedia, dan login ke akun Tokopedia kamu.
  2. Di halaman utama aplikasi, klik “Top-Up & Tagihan”.
  3. Selanjutnya, klik ikon riwayat transaksi di kanan atas halaman Top-Up & Tagihan. Temukan transaksi pembelian kelas pelatihan untuk mendapatkan kode vouchernya.
  4. Arahkan halaman ke detail transaksi tersebut dengan mengklik transaksi yang dituju. Di bagian bawah kamu akan menemukan “Kode Voucher”. Kalau kode voucher prakerja tokopedia tidak muncul, pastikan kamu tidak salah mengetik kode voucher itu. Salin kode tersebut dengan klik ikon copy di samping kode.
  5. Dimana kita melihat kode voucher Prakerja? Bila akun Tokopedia kamu terhubung ke akun email, kamu dapat melihat kode voucher melalui email transaksi berhasil. Seperti invoice di aplikasi, kamu akan mendapatkan informasi kode voucher kelas pelatihan yang kamu beli.

Cara Tukar Voucher

Kode voucher prakerja tokopedia tidak muncul hanya bisa dipastikan ketika redeem voucher. Sudah tahu cara redeem voucher Prakerja di Tokopedia? Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Cek kode voucher Prakerja pada Daftar Transaksi Top Up & Tagihan atau invoice transaksi berhasil yang dikirim ke email kamu.
  2. Setelah meng-copy kode voucher, redeem kode tersebut di website/aplikasi lembaga pelatihan yang sesuai dengan transaksi kamu.
  3. Pastikan kode voucher yang kamu input benar dan sesuai (tidak ada typo pada penulisan kode vouchernya).
  4. Jika kamu sudah melakukan tiga poin di atas, namun masih menemukan kendala, silakan hubungi pihak Lembaga Pelatihan Prakerja kelas kamu. Daftar kontak Lembaga Pelatihan Kartu Prakerja yang ada di Tokopedia dapat dilihat di sini.

Masih terkendala juga karena kode voucher prakerja tokopedia tidak muncul? Jangan khawatir! Tunggu dulu maksimal selama 1 x 24 jam atau kamu bisa hubungi pihak lembaga pelatihan. Namun sebelum itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan nama peserta kelas pelatihan sudah sesuai dengan kelas pada lembaga dan gunakan platform yang sesuai. Jangan sampai salah ya!
  2. Tukarkan/redeem kode voucher kamu ke website/ aplikasi lembaga pelatihan yang sesuai.
  3. Kalau ternyata kamu belum terima kode voucher, klik tab “Jika Belum Terima Voucher”. Pada tab tersebut kamu akan menemukan daftar lembaga pelatihan yang tersedia di Tokopedia.

Mengapa Saya Belum Mendapatkan Kode Voucher?

Transaksi sudah berhasil namun belum terima kode voucher? Kamu dapat menunggu maksimal H+1 hari kerja pukul 23.59 WIB untuk update status transaksinya ya. Kenapa kode voucher tidak muncul di Tokopedia? Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab mengapa transaksi kartu Prakerja belum berhasil, yaitu:

  1. Tidak melakukan transaksi di Tokopedia. Pastikan kamu melakukan transaksi di platform yang sesuai. Misalnya, kamu beli kelas pelatihan Karier.mu, maka lakukan redeem di website Karier.mu.
  2. Menggunakan akun email atau nomor telepon yang tidak sesuai. Saat membeli kelas pelatihan Prakerja di Tokopedia, pastikan kamu menggunakan akun yang sesuai dengan nomor yang telah terdaftar dan masih aktif.
  3. Adanya Transaksi Gagal atau Tidak Sesuai dengan Transaksi di Tokopedia. Pastikan juga tanggal transaksi di Tokopedia sama dengan tanggal debit di dashboard Prakerja.

Bagaimana Pembayaran Voucher Prakerja yang Tidak Berhasil? 

Transaksi kamu belum berhasil namun limit Prakerja kamu sudah terpotong? Jangan khawatir, dana akan dikembalikan ke limit kartu Prakerja kamu kok. Transaksi Prakerja bersifat real time, dalam waktu 2 x 24 jam hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional) pengembalian dana ke limit Prakerja akan diproses. 

Kamu dapat menunggu sesuai estimasi waktu yang diberikan. Apabila sudah lebih dari 2×24 jam hari kerja dana masih belum dikembalikan silakan hubungi pihak Prakerja untuk informasi lebih lanjut.

Contact Center Program Kartu Prakerja:

Telepon: 08001503001

Instagram: https://www.instagram.com/prakerja.go.id/

Formulir Pengaduan dan Live Chat Prakerja pada website Prakerja.

Jam operasional Contact Center:

Hari Senin – Minggu, Pukul 08.00 – 20.00 WIB

Masih ingin upgrade skill tapi bosan dengan pelatihan yang itu-itu saja? Coba deh beli kelas pelatihan di Qourse.Id. Dijamin nggak bikin bosan, karena kami menghadirkan mentor terbaik di bidangnya dengan pembelajaran yang menyenangkan. Kamu bisa beli kelasnya di tiga mitra kami, yaitu Tokopedia, Karier.mu, atau Pintar. Yuk belajar bersama kami!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.