Marketing 7P adalah salah satu strategi marketing yang populer. Marketing 7P  merupakan strategi yang diterapkan untuk mencapai profitabilitas maksimal. Pada awalnya Jerome McCarthy merancang  model marketing 4P.

Marketing 4P merupakan strategi pemasaran yang melibatkan empat elemen yaitu, product, price, place, dan promotion

Selanjutnya, Booms & Bitner pada tahun 1981 melakukan pengembangan terhadap marketing 4P, yang kemudian ditambah 3P sehingga menjadi 7P.

Penambahan 3 variabel baru dalam bauran pemasaran ini ditujukan untuk memperkuat strategi bisnis. 3P tambahan ini terdiri dari variabel people, physical evidence, dan process.

Marketing 7P masih asing dan sukar dipahami. Oleh karena itu, Qourse.Id akan membahas secara singkat mengenai marketing 7P. Yuk simak sama-sama untuk mengupgrade pengetahuan khususnya pada marketing skills!

Variabel Marketing 7P

1. Product

Product atau produk merupakan barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Nilai produk penting untuk kesuksesan penjualan. Sebab itu dalam merancang produk, diperlukan analisa dan riset tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

2. Price

Price atau harga seringkali digunakan sebagai patokan kualitas produk. Harga memiliki hubungan yang besar terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi harga, makin rendah tingkat penjualan. Nah, di sinilah diperlukan strategi marketing yang tepat untuk menetapkan harga, menstabilkan harga, dan menandingi harga kompetitor.

3. Place

Place atau tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.  Pemilihan tempat yang tepat akan mendorong pertumbuhan penjualan dan keberhasilan suatu bisnis. Variabel tempat mencakup transaksi, logistik, dan inventori.

4. Promotion

Promotion atau promosi merupakan aktivitas yang dilakukan pemasar untuk memperkenalkan produk kepada target pasar suatu produk. Semakin besar dan menarik promosi yang dibuat, semakin tinggi keputusan pembelian pada produk tersebut. Promosi yang sukses akan membuat produk terjual dengan sendirinya.

5. People

People atau orang merujuk pada semua orang yang terlibat dalam kegiatan pembuatan hingga penyaluran jasa kepada pelanggan. Variabel people  merupakan aset penting dalam kesuksesan bisnis.

People merepresentasikan kualitas produk/jasa, dan profil perusahaan secara keseluruhan. Mengingat besarnya pengaruh orang dalam keputusan pembelian, variabel ini tidak bisa disepelekan.

6. Process

Process atau proses merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan termasuk menjamin mutu produk dan pelayanan. Proses yang dilakukan merupakan gabungan aktivitas prosedur dan mekanisme di mana jasa  dihasilkan dan didistribusikan kepada konsumen. 

7. Physical Evidence

Physical evidence atau bukti fisik memiiki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian. Bukti fisik tampil sebagai representasi kemasan produk, dan tingkat keberhasilan produk dalam pasar. 

Bukti fisik mencakup fasilitas fisik penawaran produk/jasa beserta peralatan yang terdapat di dalamnya, termasuk warna bangunan sebagai branding.

Contoh Penerapan Marketing 7P

Mari kita bahas strategi marketing Bank Central Asia (BCA) sebagai contoh penerapan marketing 7P.

  1. Produk

BCA menawarkan berbagai produk perbankan sesuai kebutuhan berbagai lapisan masyarakat. Produk yang ditawarkan mulai dari tabungan, pinjaman, kartu kredit, hingga investasi. 

  1. Harga

BCA menawarkan harga produk yang terjangkau untuk hampir semua lapisan masyarakat. Misalnya, untuk menabung di BCA.

Nasabah hanya akan diharuskan memberikan uang 500 ribu sebagai prasyarat membuka rekening tabungan. Dari sisi biaya admin yang dibebankan pun, BCA memberikan mulai dari 6.500 rupiah per bulan.

  1. Promosi

BCA melakukan promosi melalui media cetak, elektronik, dan online. Untuk mempertahankan daya tarik dan loyalitas, BCA juga menawarkan promosi khusus sebagai hasil kerja sama dengan  brand lain seperti platform online shopping. .

  1. Lokasi

Kantor cabang BCA tersedia di seluruh Indonesia dan menempati lokasi strategis. Sampai hari ini, BCA memiliki 139 kantor cabang utama, 873 kantor cabang pembantu, dan 244 kantor kas, serta 17.721 mesin ATM BCA.

  1. Orang

Karyawan dan karyawati BCA yang terbukti bagus dalam pelayanan. Layanan yang diberikan frontliner dan satpam BCA seringkali menjadi contoh kepuasan nasabah.

  1. Proses

Dalam proses pelayanan kepada pelanggan, BCA memiliki standar tertentu. Sistem jaringan BCA jarang eror. Ini membuktikan bahwa BCA menerapkan standar implementasi proses tertentu.  Service di kantor cabang BCA misalnya, menerapkan jam buka-tutup yang teratur.

  1. Bukti Fisik

Kemegahan kantor BCA, fasilitas yang terdapat di dalamnya, serta jumlah kantor cabang utama dan kantor cabang pembantu membuktikan bahwa secara fisik BCA terbukti sukses memasarkan bisnisnya.

Nah, itulah pemahaman singkat tentang marketing 7P. Jadi makin tahu kan, sobat Qourse.Id.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment