Program Kartu Prakerja merupakan program yang bertujuan mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, dan mengembangkan kewirausahaan

Program Prakerja ini ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Siapa saja yang berusia setidaknya 18 tahun dapat mendaftar program ini. Dengan catatan, ia termasuk kategori sasaran program tersebut. Peserta juga tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Selain itu, Program Kartu Prakerja hanya diberikan kepada pihak yang belum menerima bantuan sosial dari pemerintah apapun. 

Sejak 11 April 2020, pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja. Pada tahun 2020 hingga 2021, Program Prakerja telah diikuti 11,4 juta orang. Sampai hari ini program Prakerja masih dibuka. Untuk kamu yang tertarik mengikuti program Prakerja, kamu bisa menantikan gelombang 28.

Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Setelah lolos program Prakerja, kamu bisa langsung daftar pelatihan online melalui mitra prakerja. Ada banyak platform digital yang menjadi lembaga pelatihan dan menawarkan pelatihan online di Program Prakerja.

Salah satunya platform Qourse.Id. Kesempatan ini nggak boleh kamu sia-siain begitu aja. Kamu termasuk yang beruntung bisa lolos. Ikuti tips berikut ya, supaya kamu memilih pelatihan prakerja yang tepat.

1. Pilih Topik yang Kamu Sukai

Saat memilih topik pelatihan usahakan memilih pelatihan prakerja paling mudah. Eh enggak cuma itu aja, kamu mesti pilih topik yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu geluti juga.

Pokoknya kamu wajib pilih yang jadi passion kamu ya. Sebab dengan memilih topik pelatihan yang disukai, kamu jadi semangat dan termotivasi ikut kelasnya sampai akhir.

2. Perhatikan Deskripsi dan Materi Pelatihan

Langkah selanjutnya, perhatikan kelas pelatihan online yang sesuai minat. Baca dan bandingkan detailnya dengan seksama.

Mulai dari harga, deskripsi, materi, hingga mentor pelatihan tersebut. Cari tahu juga profil mentor tersebut supaya kamu makin yakin memilih pelatihan tersebut.

3. Baca Ulasan dari Pengguna Lain

Sebelum membeli pelatihan, cermati kolom ulasan dan sertifikat. Baca ulasan dan periksa rating yang diberikan pengguna lain. Pastikan kelas pelatihan tersebut menyediakan sertifikat setelah pelatihan selesai. Jika sudah yakin, bisa langsung daftar aja deh.

Rekomendasi Pelatihan Prakerja Paling Mudah dan Cepat Dapat Sertifikat

Salah satu pelatihan Prakerja paling mudah yang bisa kamu ikuti adalah kelas Menjadi Kreator Komik Digital. Ini pelatihan prakerja paling mudah dan bisa bantu kamu upgrade skills khususnya di bidang karir kreator komik digital.

Pelatihan Prakerja Paling Mudah dan Cepat dapat Sertifikat Disini

Pelatihan ini akan mempersiapkan diri kamu supaya bisa menggambar komik secara digital. Selain itu, kamu juga akan mendapat pengetahuan tentang seputar karir Kreator Komik Digital. Mulai dari peluang karir, membangun personal branding sampai cara membuat portofolio.

Yuk daftar sekarang juga! Cocok banget buat kamu yang suka menggambar. Nah, kalau kamu butuh rekomendasi pelatihan lain, Qourse.Id punya lima rekomendasi pelatihan online lainnya nih. Jangan khawatir, pelatihan online berikut enggak kalah mudah loh.

Rekomendasi Online Course dari Qourse.id

1. From Zero to Hero: Career Preparation

Pelatihan yang satu ini cocok banget buat fresh graduate. Baik kamu lulusan universitas maupun SMA/SMK. Di kelas pelatihan ini kamu akan belajar tentang persiapan karier, termasuk bagaimana mengembangkannya, dan mengelola emosi di tempat kerja. 

2. Mengenal dan Menemukan Peluang Karier di Industri Mode

Kelas pelatihan yang ini juga tentang persiapan karier, tapi lebih spesifik di industri mode. Kelas ini jadi incaran lulusan jurusan terkait Fashion, atau kamu yang punya ketertarikan di dunia fashion, terutama berkeinginan menjadi fashion stylist

3. Berkarier di Industri Esports

Bermain video kini nggak cuma dijadiin sebagai hobi aja, tetapi juga sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Kalau kamu senang bermain games, nggak ada salahnya mencoba berkarier di industri Esports. Bersama mentor pelatihan ini, kamu akan mempelajari peluang karier sebagai atlet Esports. 

4. Mobile Photography untuk Pengembangan Usaha

Zaman sekarang, smartphone bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Fitur kamera di ponsel cerdas bisa juga dimanfaatkan sebagai alat fotografi. Bukan sekedar foto selfie, melainkan foto produk yang akan membantu pengembangan usaha online kamu. Gimana caranya? Melalui pelatihan ini kamu bisa mengetahui jawabannya.

5. Product Development 101: Panduan Tepat dalam Membuat dan Mengembangkan Produk

Rekomendasi kelas yang terakhir ini juga berkaitan dengan bisnis. Pelatihan online Product Development ini berisi materi tentang pengembangan produk melalui perencanaan ide, prototyping, dan product roadmap.

Pengembangan ini dilakukan supaya produk yang diproduk selalu dan terus diminati konsumen. Cari tahu selengkapnya di kelas ini ya

Sebagai lembaga pelatihan terverifikasi, Qourse.Id menyediakan berbagai pelatihan paling mudah dipahami materinya. Selain itu, pelatihan online di Qourse.Id juga selalu menyediakan sertifikat loh! Jadi tunggu apalagi, yuk segera uprade skills!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment