Mendengar kata fashion hal pertama yang terlintas di kepala adalah pakaian dan seorang model atau manekin yang sedang memakainya. Fashion adalah bagian dari industri kreatif yang akan terus berubah mengikuti perkembagan zaman. Berkarir di bidang fashion tentunya memiliki peluang karir yang terbuka lebar, karena akan terus dicari dan digunakan oleh masyarakat. Jika kalian menyukai dunia fashion, ada beberapa peluang karir yang dapat menjadi pilihan!

Fashion Designer

Menjadi seorang Fashion Designer adalah pekerjaan yang cukup populer untuk bidang fashion. Tugas utamanya adalah memikirkan ide dan merancang pakaian sesuai dengan keinginan klien. Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang Fashion Designer adalah kreativitas dan kemampuan merancang yang baik. Menjadi Fashion Designer dapat berkarir di sebuah brand pakaian, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kalian dapat membangun brand kalian sendiri.

Stylist

Selain Fashion Designer, pekerjaan sebagai Stylist juga cukup populer. Seorang Stylist akan memberikan konsep dan saran kepada kliennya mengenai pakaian atau outfit yang akan digunakan. Oleh sebab itu, Stylist harus mengetahui karakter dari kliennya, sehingga dapat menyesuaikan dengan konsep yang akan dibuat. Untuk menjadi Stylist kalian harus memiliki pemahaman mengenai trend agar dapat menyesuaikan dengan berbagai macam keinginan klien. Saat ini Stylist tidak hanya dapat bekerja di sebuah brand pakaian, tetapi dapat menjadi Stylist pribadi seorang artis atau tokoh terkenal.

Fashion Journalist

Fashion Journalist adalah bidang pekerjaan yang bertugas untuk menulis berita yang berkaitan dengan fashion untuk majalah, televisi, surat kabar, dan website. Selain menulis, biasanya juga akan melakukan liputan dan wawancara dengan narasumber. Tentunya kemampuan menulis adalah skill utama yang diperlukan, namun Fashion Designer juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang dunia fashion. Jika kalian tertarik dan memiliki hobi menulis, kalian dapat mencoba menjadi seorang Fashion Journalist.

Creative Director

Setiap brand pakaian tentunya membutuhkan Creative Director untuk menerjemahkan ide dan konsep yang dibutuhkan. Tetapi, tugas utama seorang Creative Director adalah menentukan tema, koleksi pakaian, hingga warna yang akan digunakan. Agar dapat memiliki ide dan konsep yang bagus, Creative Director harus melakukan riset trend yang sedang ramai saat ini. Biasanya Creative Director, akan bekerja sama dengan Fashion Designer agar konsep yang digunakan tetap sesuai dengan visi dan misi brand tersebut.

Garment Technologist

Mungkin kalian masih asing dengan pekerjaan Garment Technologist, tetapi pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang cukup penting. Garment Technologist bertugas untuk menentukan bahan material yang akan digunakan sebuah brand pakaian. Tidak hanya bahan material, Garment Technologist juga akan melakukan pengujian benang, serat dan tekstil. Garment Technologist juga perlu melakukan riset bahan material yang tepat. Ketika melakukan riset Garment Technologist perlu bekerja sama dengan Fashion Designer dalam menentukan bahan material untuk brand pakaian itu sendiri.

Fashion Forecaster

Trend fashion tentunya akan terus berubah – ubah menyesuaikan zaman, perubahan trend tersebut yang terkadang tidak dapat diprediksi. Namun, sudah menjadi tugas Fashion Forecaster untuk memperkirakan trend yang akan terjadi dikemudian hari. Trend tersebut meliputi warna, pakaian, outfit, bahan, tekstur, aksesoris, dan pola. Setiap brand pakaian memerlukan Fashion Forecaster, agar koleksi yang dikeluarkan dapat menjadi yang terdepan dibandingkan dengan kompetitor.

Product Merchandiser

Jika model dan bahan pakaian sudah bagus, namun promosinya tidak maksimal tentunya brand pakaian tersebut tidak akan laku terjual di masyarakat. Maka dari itu, dibutuhkan seorang Product Merchandiser untuk menentukan strategi promosi yang tepat baik secara online maupun offline. Melalui media sosial, Product Merchandiser dapat melakukan promosi dengan cepat dan efektif. Promosi secara offline dapat dilakukan dengan menempatkan banner dan manekin yang sesuai agar dapat menarik perhatian pengunjung. Tantangan utama Product Merchandiser adalah bagaimana membuat brand tersebut dilirik dan disukai oleh masyarakat.

Setelah membaca artikel di atas, tentunya kalian sudah dapat membayangkan bagaimana berkarir di dunia fashion. Bidang pekerjaan ini memiliki masa depan yang cerah dan cukup menjanjikan untuk kedepannya. Maka dari itu, jika kalian tertarik mulailah fokus untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Seperti mengikuti pelatihan atau kelas online yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kalian.

Author

SEO Content Writer at Qourse.id. Loved to share an articles about Self Improvement!

Write A Comment