UI/UX adalah istilah yang familiar seiring dengan populernya internet of things. UI/UX adalah dua peran yang saling terkait.

Jika kamu pernah mendengar istilah ini, tahukah kamu apa itu UI/UX? Yup betul banget! UI adalah singkatan dari User Interface, sedangkan UX adalah singkatan dari User Experience.

Mari belajar bareng Qourse.Id tentang UI/UX supaya kamu lebih paham. Yuk kita mulai!

Apa Itu UI (User Interface)?

Definisi dan Konsep UI (User Interface)

User Interface (UI) adalah pendekatan yang lebih bersifat teknis dalam mengoptimalkan interaksi antara pengguna dan sistem komputer. UI dapat ditemukan di setiap langkah pengembangan situs web, perangkat seluler, dan aplikasi perangkat lunak. 

Tidak seperti UX yang juga mencakup UI, UI hanya berfokus pada aspek visual untuk menarik perhatian pengguna dan mendorongnya untuk tetap berada pada tujuan mereka. UI bertujuan membuat interaksi pengguna dengan perangkat digital berjalan seintuitif dan seefisien mungkin.

Jenis-jenis UI (User Interface)

UI (User Interface) terbagi menjadi dua jenis yaitu Graphical User Interface (GUI), dan Command Line Interface (CLI). 

1. Graphical User Interface (GUI)

GUI adalah sistem komponen visual interaktif yang menampilkan objek untuk menyampaikan informasi, dan mewakili tindakan yang dapat diambil oleh pengguna.

Objek GUI mencakup ikon, kursor, dan tombol. Elemen grafis ini kadang juga disempurnakan dengan suara dan efek visual. Objek-objek ini membantu pengguna menggunakan sistem tanpa harus mengetahui guideline.

2. Command Line Interface (CLI)

CLI atau Antarmuka Baris Perintah adalah UI berbasis teks yang digunakan untuk menjalankan program, melakukan interaksi dengan komputer, dan mengelola file komputer. CLI menerima input yang dimasukkan dari keyboard sebagai perintah, yang kemudian dijalankan oleh sistem.

Pengaplikasian UI (User Interface)

Pengaplikasian UI umumnya ditemukan pada program software, perangkat hardware, dan sistem operasi smartphone. Seiring dengan kemajuan teknologi yang dicapai manusia, perangkat teknologi pintar dengan UI yang mudah dipahami semakin diminati.

Para pengembang pun semakin giat dalam bersaing mengembangkan tampilan antarmuka yang terintegrasi dan memberikan pengalaman pungga yang nyaman.

Apa Itu UX (User Experience)?

Definisi dan Konsep UX (User Experience)

User Experience atau UX adalah keseluruhan aspek yang berkaitan dengan harapan, kebutuhan, dan pengalaman pengguna ketika berinteraksi di dalam sebuah situs web atau aplikasi seluler. UX menyangkut seluruh proses memperoleh dan mengintegrasikan produk, aspek branding, desain, fungsi, dan kegunaannya. Desain UI membuat navigasi berjalan dengan optimal, mudah, dan memuaskan pengguna.

UX bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar mudah, menyenangkan, dan memberikan pengalaman emosional yang positif terhadap produk digital. Inilah alasan mengapa perspektif pengguna menjadi objek analisis yang penting dalam pengembangan situs web atau aplikasi. Perspektif pengguna ini berisi tentang kebutuhan, tujuan dan masalah yang mereka alami dengan produk tersebut.

Pengaplikasian UX (User Experience)

Pengaplikasian UX bertujuan untuk memudahkan pengalaman pengguna dan meningkatkan kepercayaan pengguna yang akhirnya menaikkan conversion rate dan penjualan. Untuk memfasilitasi pengalaman pengguna yang positif, UX mencakup elemen-elemen penting yang meliputi riset, informasi, konten, dan aksebilitas. Peran UX melibatkan kolaborasi tim dengan skills dan spesialisasi yang berbeda-beda peran berikut.

1. User Experience Designer

User Experience Designer berperan menentukan visi produk dari sisi pengalaman pengguna. Roadmap yang dibuat menjadi acuan tim bekerja sesuai tugasnya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

2. Visual Designer

Visual designer mempunyai peranan penting dalam menghadirkan tampilan visual yang menarik bagi pengguna. Desain suatu aplikasi desktop/smartphone, dan situs web menjadi yang pertama kali menarik perhatian pengguna.

3. Front End Developer

Front end developer berperan untuk mengimplementasikan konsep, ide dengan kode HTML, CSS, dan Javascript.

4. Content Strategist

Content Strategist memiliki peran menyampaikan konten kepada pengguna dari segi bisnis tentang siapa mereka (perusahaan), tujuan bisnis mereka, dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada publik.

5. Usability Expert

Usability Expert memastikansistem berfungsi dengan baik dan mudah digunakan (user friendly). Pola yang mudah dipelajari pengguna diterapkan melalui sistem sehingga pengguna dapat menggunakan sistem meski tanpa petunjuk.

6. Information Architect

Information architect melakukan peran penataan konten, navigasi, dan link dengan tujuan mencapai kemudahan bagi pengguna.


Jadi, sudah tahu dong apa itu UI/UX? Sederhananya UI/UX adalah dua komponen visual yang membuat perangkat digital bekerja lebih baik bagi pengguna. Memiliki keterampilan UI/UX adalah aset penting pada era digital seperti sekarang. Yuk upgrade skills tentang UI/UX bersama Qourse.Id. Nantinya kamu akan mengetahui seluk beluk UI/UX termasuk keterampilan yang mesti dipelajari dalam peran UI/UX.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment