Perbedaan UI/UX yang utama terlihat dari fungsi peran yang dijalankan. Fungsi UI/UX sangat berbeda, meskipun keduanya tidak terpisahkan. UI/UX memainkan peran sentral untuk mempengaruhi cara produk diterima pengguna.

Apa Saja Perbedaan UI/UX?

UI/UX adalah dua istilah yang saling bergantung. Meski memiliki keterkaitan yang erat, istilah-istilah tersebut tidak dapat dipertukarkan karena keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Qourse.Id telah merangkum tiga perbedaan UI/UX yang perlu kamu ketahui. Yuk simak dengan seksama!

1. Konsep Desain

Istilah yang paling dekat dengan UI adalah tampilan. UI berfokus pada elemen visual yang menyenangkan dan fungsional bagi pengguna. Desain UI kerap disandingkan dengan desain grafis. Desainer UI memiliki komponen artistik yang berkaitan dengan desain dan antarmuka dengan produk. Desain yang diciptakan UI akan mempengaruhi apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan oleh pengguna. 

UX adalah “rasa” dalam produk, situs web, atau aplikasi seluler. Desainer UX berfokus pada pengalaman yang lebih luas antara pengguna dan produk yang dikembangkan. UX memiliki lebih banyak komponen yang digunakan untuk melakukan riset dan berkomunikasi dengan pengguna demi memahami kebutuhan pengguna.

2. Fungsi dan Kegunaan

Perbedaan UI/UX yang selanjutnya berhubungan dengan fungsi dan kegunaan keduanya. UI (User Interface) menyangkut kualitas interaksi yang dilakukan antara pengguna, produk atau perangkat digital. UI bekerja untuk mengaplikasikan tombol, warna, font, hingga kombinasi elemen yang memperkuat tampilan pengguna. UI secara khusus menangani perangkat digital beserta kemampuan pengguna untuk menggunakannya.

Adapun  UX (User Experience)  mencakup kegunaan yang lebih luas, tidak terbatas perangkat digital. UX berkaitan dengan tujuan dan fungsionalitas produk. UX mendorong pertumbuhan pendapatan sebagai hasil kepercayaan pengguna terhadap produk. Sebab itu, UX harus memastikan pengguna memiliki pengalaman yang baik saat menggunakan produk yang dibuat.

3. Proses Kerja

Proses kerja desain UI/UX dimulai oleh desainer UX. UX memulai proyek dengan melakukan riset pengguna dan arsitektur informasi. UX meneliti tentang tujuan dan masalah atau kesulitan yang dihadapi pengguna. Desainer UX akan membuat roadmap yang memetakan seluruh perjalanan pengguna dan mencatat apa saja yang mesti diperbaiki beserta solusinya. Terkadang desainer UX juga membuat kerangka gambar dari temuannya. Setelah selesai mengerjakan tugas, UX menyerahkan hasil pekerjaannya kepada UI.

Jika UX berfokus pada manajemen dan analisis proyek secara menyeluruh, UI mengerjakan teknis untuk menghasilkan komponen desain produk jadi. UI akan membuat rancangan desain UX menjadi nyata. Temuan desainer UX akan menjadi pertimbangan yang penting dalam mengembangkan desain situs web atau aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna. Setelah desain UI dibuat, desainer UX akan mengujinya sebagai umpan balik.

Siapa yang Dibayar Lebih Tinggi, UI atau UX?

Sebagian besar perusahaan menggabungkan peran UI/UX. Hal ini mengingat keterkaitan peran antara keduanya. Namun sebagian perusahaan juga membedakan antara peran UI dan peran UX. Nah, kamu bisa tebak nggak nih mana peran yang mendapat bayaran lebih tinggi?

Faktanya profesi UI dan UX mendapat bayaran yang tidak jauh berbeda loh. Berdasarkan informasi yang disajikan Payscale pada April 2022, gaji rata-rata UI Designer setiap tahunnya sekitar 90 juta rupiah. Masih menurut sumber yang sama, UX Designer mendapatkan pemasukan mencapai 106 juta rupiah setiap tahunnya. 

Sementara profesi UX Designer di Indonesia menurut Salary Explorer mendapatkan gaji rata-rata 8,3 juta rupiah setiap bulannya. Dengan rincian gaji terendah yang didapat adalah 4,4 juta, dan gaji tertinggi berada pada angka 12,7 juta. Tingkat pengalaman menentukan gaji yang dibayarkan. Fresh graduate (0-2 tahun pengalaman) memperoleh gaji rata-rata di angka 5 juta.

Jadi sudah tahu dong perbedaan UI/UX yang paling utama. Gimana nih kamu tertarik nggak sama profesi yang satu ini. Apakah kamu ingin belajar lebih banyak tentang UI/UX? Yuk upgrade skills kamu dengan mengikuti pelatihan online di Qourse.Id!

Kelas UI/UX Course.id

Ada banyak materi yang bisa kamu pelajari secara lebih dalam. Mulai dari konsep, skills, hingga prospek karir UI/UX. Semoga kamu semakin semangat belajar hal baru ya.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment