Profesi yang cocok untuk lulusan SMK tidak tersedia banyak seperti profesi untuk sarjana.  Meski demikian bukan berarti lulusan SMK tidak punya kesempatan untuk berkarier. Masih ada banyak peluang pekerjaan dengan gaji besar yang bisa dilamar oleh lulusan SMK loh! 

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Survei Angkatan Kerja Nasional pada Agustus 2021. Survei tersebut menginformasikan bahwa upah rata-rata secara nasional sebesar 2,74 juta per bulan. 

Tentu saja, angka upah tersebut bukan patokan utama. Gaji disesuaikan dengan profesi dan beberapa faktor lain seperti lokasi dan pengalaman kerja.

Semakin tinggi pendidikan semakin besar gaji yang ditawarkan. Namun jangan berkecil hati, peluang kerja bergaji besar bagi lulusan SMK masih terbuka lebar asal kamu selalu upgrade skills

Tahukah kamu apa saja profesi yang cocok untuk semua jurusan lulusan SMK? 6 profesi berikut ini bukan hanya tidak pandang jurusan, melainkan juga memberikan gaji yang cukup besar. 

Profesi era digital, content creator tidak mewajibkan latar belakang pendidikan tertentu. Profesi ini membutuhkan ide dan keterampilan yang melengkapi terwujudnya ide dalam bentuk konten. Content creator memiliki tugas melakukan riset untuk kebutuhan ide, dan membuat konsep konten sehingga mencapai tujuan pembuatan konten. 

Jenis konten yang dibuat dapat berbentuk tulisan, gambar, suara, dan video. Tujuan pembuatan konten dalam bisnis umumnya berkaitan dengan identitas merek dan branding perusahaan. Rata-rata gaji pokok content creator berkisar 4 juta per bulan.

  • Staf Administrasi

Profesi ini memainkan peran sentral agar perusahaan mencapai tujuan. Staf administrasi biasa disebut admin, melalukan tugas untuk mengurus semua pekerjaan admnistrasi perusahaan. Gaji staf administrasi di Indonesia berkisar 3,6 juta per bulan. 

Tugas yang dilakukan admin meliputi persuratan, pembukuan, mengatur agenda hingga mengurus panggilan keluar dan masuk yang bersifat teknis. Keterampilan yang mesti dimiliki seorang admin yaitu Pengorganisasian data, mahir Ms. Office, serta mampu bekerja secara cermat dalam tim dan di bawah tekanan. 

  • Admin Media Sosial

Social media officer atau yang lebih dikenal admin media sosial bertanggung jawab dalam pemasaran konten dan melakukan interaksi dengan konsumen di media sosial. Titik puncak tanggung jawab admin media sosial adalah membangun brand-awareness

Rutinitas tugasnya berkenaan dengan mengunggah konten di media sosial perusahaan, memantau dan memberikan umpan balik terhadap audiens. Demi peningkatan media sosial, mereka akan bekerja untuk mengembangkan strategi menggunakan alat media sosial atau pelacak web agar awareness audiens meningkat. Gaji bulanan admin media sosial berkisar 3,6 juta per bulan. 

  • Staf Penjualan

Salah satu profesi yang banyak dicari adalah staf bagian penjualan atau yang kerap disebut sales. Pekerjaan ini berperan cukup penting untuk menjaring pendapatan sekaligus menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Gaji staf sales berada di angka 3,5 juta per bulan. 

Tugas sales menyangkut transaksi jual-beli produk atau layanan. Tugas tersebut terdiri dari menawarkan produk di toko atau kepada para pelanggan setia, dan menyarankan produk serta mendemonstrasikan cara penggunaan. Sales juga bertugas membangun mitra bisnis baru, karenanya sales harus memiliki keterampilan interpersonal yang bagus.

  • Customer Service

Profesi customer service adalah posisi yang menjembatani antara perusahaan dan konsumen. Peran utama customer service adalah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Mereka akan menanggapi keluhan, dan saran konsumen, serta menawarkan atau memberitahu informasi terkait produk atau layanan kepada konsumen.

Peran customer service begitu penting dibutuhkan perusahaan untuk menjadi pusat informasi kepada konsumen. Customer service juga mengambil peranan sebagai penjaga kualitas layanan dan loyalitas konsumen. Gaji rata-rata customer service adalah 3,3 juta per bulan. 

  • Kasir

Kasir adalah orang yang melayani transaksi penjualan memproses pembayaran konsumen di toko, restoran, atau ritel. Namun bukan itu saja, adakalanya kasir juga bertugas melakukan pengecekan barang dan packing barang. Gaji kasir di Indonesia terbilang cukup lumayan, bergantung tempat dan lokasi. Rata-rata gaji kasir berada di angka 3,2 juta per bulan.

Selain harus memahami produk, kasir juga harus mahir dalam mengoperasikan komputer terutama mesin atau software kasir. Mereka dituntut untuk familiar dengan semua macam alat pembayaran, seperti kredit, debit, e-wallet, dan e-money.

Referensi:

Survei Angkatan Kerja Nasional 2021

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment