Beberapa dekade terakhir, budaya Korea berkembang pesat dan meluas. Mulai dari fashion, make up, musik, film, makanan, hingga bahasa. Daya tarik budaya Korea memicu penggunaan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari. Kalangan muda kerap menyelipkan kosakata bahasa Korea seperti annyeong, saranghae, daebak, ottoke, dan gomawo

Demam budaya Korea meningkatkan minat orang Indonesia untuk mempelajari bahasa Korea. Mempelajari bahasa Korea akan memberikan peluang karir untuk bekerja di perusahaan yang berasal dari negeri ginseng. Bukan hanya itu, skill bahasa Korea juga bisa mengantarkan penuturnya menuju peluang karir lainnya. 

Belajar bahasa Korea adalah salah satu cara meningkatkan kualitas dirimu. Dengan mempelajarinya, kamu memiliki peluang karir yang tidak terbatas gelar pendidikan saja. Lalu, apa saja peluang karir yang bisa dipilih dengan skill bahasa Korea? Di bawah ini, Qourse.Id telah merangkum 5 peluang karir yang menjanjikan dengan skill bahasa Korea. 

Apa Saja Prospek Karir Menjanjikan dengan Skill Bahasa Korea?

1. Translator Bahasa Korea

Translator bahasa Korea menerjemahkan berbagai tulisan berbahasa Korea. Materi yang diterjemahkan biasanya berupa karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, maupun film dari bahasa Korea ke bahasa asal. Misalnya, menerjemahkan percakapan dalam film berbahasa Korea ke bahasa Indonesia. Kalau kamu tertarik menjadi penerjemah bahasa Korea, kamu bisa ikuti kelas Belajar Bahasa Korea untuk menjadi Translator Pemula di Qourse.Id.

2. Pemandu Wisata

Penguasaan bahasa Korea yang kamu punya bisa mengantarkan kamu menjadi tour guide atau pemandu wisata. Layanan jasa tour guide ke Korea menghadirkan teman jalan-jalan sembari memberikan informasi seputar tempat yang dikunjungi. Peluang karir ini sangat cocok untuk kamu yang hobi jalan-jalan. Mengutip Studiva.com, tour guide di Korea rata-rata mendapat bayaran sebesar KRW 9,8 juta atau setara dengan Rp 100 juta per bulan. Wow! Untuk menjadi tour guide kamu harus pintar membagi waktu dan ramah. So, pastinya, kemampuan skill bahasa Korea dan wawasan tentang budaya Korea. 

3. Freelance Writer

Penulis lepas atau freelance writer adalah sebuah profesi menawarkan jasa pembuatan konten berbentuk tulisan tanpa terikat jam kerja. Beberapa konten yang ditawarkan antara lain artikel, script video Youtube, skenario film, atau review drama korea yang sedang trending. Tentunya, tawaran ini bergantung pada kemampuan menulis yang dimiliki. Khusus menulis review drama korea, kamu bisa loh secara mandiri mengirimkannya ke media online, buat thread di twitter, atau mengunggahnya  sendiri di blog pribadi.

4. Guru Bahasa Korea

Menjadi Guru bahasa Korea adalah peluang karir dengan skill bahasa Korea yang mungkin terlalu umum. Namun ternyata profesi ini cukup menjanjikan dari segi bayaran loh. Berdasarkan situs Preply, tutor dan guru bahasa Korea online dibayar mulai dari  $7 hingga $100 per jamnya. Sangat menarik kan, Qourse Student? Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Korea kamu! Dengan kemampuan bahasa Korea, kamu bisa membuka kursus bahasa Korea untuk persiapan tes, pengembangan karir, atau belajar santai untuk meningkatkan kemahiran.

5. Interpreter

Seperti translator, profesi interpreter juga menawarkan jasa penerjemahan. Perbedaannya, interpreter hanya menerjemahkan secara lisan. Seorang interpreter bertugas menerjemahkan bahasa Korea secara dua arah di tempat (on the spot). Tentunya, proses penerjemahan ini tanpa menggunakan kamus atau referensi bahasa Korea lainnya. Dari segi biaya, peluang karir dengan skill bahasa Korea ini tak kalah menjanjikan. Biaya jasa interpreter bahasa Korea dihitung per hari (working day).

Dengan banyaknya ketertarikan untuk mempelajari bahasa Korea. Qourse.Id menghadirkan kelas belajar bahasa Korea untuk pemula. Apa sih yang membuat kelas bahasa Korea di Qourse berbeda dengan kelas pelatihan online bahasa Korea lainnya?

Kelas bertajuk Belajar Bahasa Korea untuk Translator Pemula ini tidak sekadar mengajarkan bahasa Korea dari dasar. Namun juga memberi wawasan tentang peluang karir yang bisa diambil setelah upgrade skill bahasa Korea, yaitu translator

Jika tutor online bahasa Korea lainnya membuat kamu merogoh kocek cukup dalam, Qourse.Id menawarkan paket lengkap belajar bahasa Korea untuk pemula. Kamu bisa mengakses kelasnya hanya dengan harga yang murah. Cek harganya dan daftar sekarang di sini! 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.