Strategi pemasaran coffee shop penting untuk dipelajari ketika menekuni bisnis coffee shop. Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis coffee shop, kamu wajib menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Strategi marketing coffee shop yang tepat dapat membantu dalam pertumbuhan citra merek, penjualan dan penciptaan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

Lalu bagaimana sih strategi marketing coffee shop yang penerapannya memberikan dampak positif bagi bisnis coffee shop? Penasaran kan sama strategi pemasarannya. Yuk sama-sama kita pelajari strategi marketing coffee shop dari ulasan berikut ini. Inilah 5 strategi marketing coffee shop berlandaskan aspek marketing 4P. 

Strategi Pemasaran Coffee Shop

1. Utamakan Kualitas Produk dan Service (Product)

Strategi marketing coffee shop yang utama dimulai dari aspek produk. Kualitas kopi sangat penting bagi konsumen karena memberikan dampak positif.

Apabila mereka puas, mereka tidak akan ragu merekomendasikannya. Indikator kualitas produk kopi tidak hanya dinilai dari fisik dan cita rasa buah kopi yang optimal, tetapi juga aspek aroma, tingkat keasaman, dan body.

Aspek penting lainnya selain produk yang disajikan adalah service yang diberikan. Dalam melayani pelanggan, coffee shop harus memahami keinginan pelanggannya.

Sebab pelanggan hanya puas apabila coffee shop memenuhi ekspektasi mereka. Kinerja yang memenuhi ekspektasi akan memberi kepuasan sehingga pelanggan datang kembali. 

2. Harga Bersahabat (Price)

Harga produk menjadi faktor penting bagi keberlangsungan bisnis. Coffee shop perlu menetapkan harga yang bersahabat bagi target pelanggannya sekaligus berdaya saing dengan kompetitor.

Lakukan riset harga produk-produk kopi, kualitas, dan pelayanan di coffee shop lain, utamanya yang menjadi kompetitor. Di tengah persaingan kedai kopi yang sengit, lebih kamu memasang harga yang lebih rendah namun tidak berada di bawah harga pasaran. 

3. Interior dan Eksterior yang Menarik (Place)

Di zaman sekarang, kawula muda mudah tertarik dengan coffee shop yang instagramable. Jadi pastikan coffee shop kamu memiliki spot foto yang menarik. Konsep dan desain yang unik dan kreatif mengantarkan pelanggan untuk berkunjung. Perhatikan pemilihan warna, kursi, meja, pencahayaan, dan hiasan interior dan eksterior coffee shop.

Selanjutnya dari segi fasilitas, coffee shop juga harus memberikan fasilitas yang lengkap kepada pelanggan. Coffee shop yang digandrungi anak muda biasanya memiliki fasilitas AC, wifi, charging Station di tiap meja, dan tersedianya buku atau majalah untuk dibaca.

Dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman, alasan pengunjung datang bukan hanya untuk mencicipi rasa kopi. Namun juga untuk keperluan mengerjakan tugas kuliah, atau Work From Anywhere.

4. Menerapkan Promosi Secara Berkala (Promotion)

Strategi marketing coffee shop yang ampuh salah satunya dalam bentuk promosi. Jangan ragu memanfaatkan momen hari-hari tertentu untuk memberi promosi.

Promosi yang diberikan dapat berupa potongan harga atau promosi khusus. Promosi coffee shop misalnya promo reguler awal bulan, merchandise gratis, buy 1 get 1, diskon hari valentine, atau produk kopi limited pada momen tertentu.

Revenue yang meningkat utamanya didapat dari pelanggan yang loyal. Oleh karena itu, coffee shop juga perlu memberikan promosi khusus untuk pelanggan tetap.

Loyalty membership program mendorong pelanggan menjadi makin setia. Pikirkan jenis dan metrik pengukuran program loyalitas dengan baik sehingga menghasilkan manfaat. 

5. Tingkatkan Eksistensi di Media Sosial

Strategi marketing coffee shop yang terakhir melalui media sosial. Era digital seperti sekarang, sangat penting menjangkau pelanggan melalui media sosial. Sebuah coffee shop harus menguatkan eksistensinya di media sosial.

Media sosial bisa menjadi wadah berkomunikasi dan berinteraksi. Media sosial juga bisa menjadi media promosi yang hemat biaya. 

Lakukan posting media sosial setiap hari. Untuk meningkatkan engagement, coffee shop bisa mengadakan giveaway atau kuis. Giveaway dan kuis efektif meningkatkan followers di Instagram loh. So, jangan ragu untuk adain giveaway.

Hadiah yang diberikan bisa dalam bentuk voucher membeli produk kopi, merchandise, atau uang non-digital.

Nah, sekarang jadi tahu kan gimana strategi marketing coffee shop yang tepat. Yuk coba diaplikasikan dalam bisnis coffee shop yang kamu jalani.

Jangan lupa untuk terus upgrade skills supaya kamu lebih optimal dalam membangun bisnis coffee shop kamu ya. Semangat berbisnis!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment