Kuliah online di masa pandemi Covid-19 terasa menyenangkan sekaligus membosankan. Menyenangkannya karena kuliah online bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun. Sebaliknya, sebagian mahasiswa juga menganggap kuliah online membosankan dan monoton. Sistem kuliah online juga membuat mahasiswa kelelahan karena harus menatap layar gawai dalam waktu lama.

Meski punya sisi positif dan negatif, kamu nggak boleh menyepelekan kuliah online. Bagaimanapun pelaksanaannya, kuliah online bertujuan untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Terus semangat menuntut ilmu ya! Nah, tips berikut akan membantu kamu meminimalisasi rasa bosan saat kuliah online.  

  1. Pahami Gaya Belajar

Tiap orang punya gaya belajar yang berbeda. Mengapa perlu mengenali gaya belajar sendiri? Karena gaya belajar adalah kunci dalam menyerap dan mengembangkan pembelajaran. Dengan mengenali gaya belajar, kamu juga bisa menciptakan suasana belajar favorit. Kamu lebih senang suasana belajar formal di kursi dan meja dengan peralatan lengkap, atau suasana belajar santai dengan duduk di lantai, sofa, atau sambil rebahan.

Mengutip Oxford Learning, ada 4 jenis utama gaya belajar yaitu visual, auditori, baca/tulis dan kinestetik. Tipe gaya belajar ini dipengaruhi empat faktor yaitu, faktor fisik, emosional, sosiologis, dan lingkungan. Selain memperhatikan gaya belajar, amati juga faktor lingkungan belajar sebab itu mempengaruhi konsentrasi belajar kamu. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah suara, pencahayaan, temperatur, dan desain belajar.

  1. Buat Reminder Jadwal Kuliah

Kedengarannya sepele, namun menghafal jadwal kuliah penting dilakukan. Sebab daftar kehadiran cukup mempengaruhi kelulusan kamu dari sebuah mata kuliah. Faktor lupa jadwal kuliah ini bisa saja diakibatkan kamu menyambi kuliah dengan hal lain, misalnya kerja.

Untuk mencegah kelupaan atau telat menghadiri kelas kuliah online, ada baiknya kamu membuat reminder jadwal kuliah. Saat ini sangat banyak tersedia aplikasi atau situs yang menyediakan penyusunan jadwal kuliah seperti Canva. Desain jadwal kuliahmu bisa kamu jadikan lock screen agar gampang diingat.

  1. Segera Kerjakan Tugas

Kamu mesti menyingkirkan pikiran untuk menunda tugas. Menunda mengerjakan tugas terbukti berdampak buruk pada nilai. Luangkan waktu untuk menulis daftar tugas kuliah. Hal ini akan memudahkan kamu mengingat tugas yang ada dan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Pahami dulu apa alasan yang mendasari kamu menunda pekerjaan. Memahami alasan tersebut akan membantu kamu menemukan solusi agar berhenti menunda. Ada beberapa alasan umum penundaan yaitu, kurangnya motivasi, merasa kewalahan, kelelahan, dan sisi perfeksionis yang tinggi.

  1. Duduk dengan Nyaman

Ruangan yang nyaman menentukan keberhasilan proses belajar. Pastikan kamu duduk di kursi yang membuatmu nyaman. Pilih ruangan yang mendukung kuliah online kamu. 

Selama duduk mendengarkan pembelajaran, tetap jaga fokusmu. Hindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi belajar. Biasakan diri mematikan benda-benda yang mengalihkan fokusmu seperti televisi, handphone, atau aktivitas lain di laptop.

Masalah yang sangat sering terjadi saat kuliah online adalah sinyal yang mendadak putus. Jadi, pastikan sinyal di ruangan itu lancar tanpa mengganggu kuliah online kamu.

  1. Jangan Abaikan Materi Perkuliahan

Meski online kamu tetap perlu punya catatan kuliah. Catat poin yang penting saja. Walaupun gak begitu paham, catat saja apa yang dikatakan dosen terkait materi perkuliahan. Hal ini sangat berguna ketika mengingat detail materi yang diajarkan. 

Untuk memaksimalkan pemahaman kamu terhadap materi, kamu juga bisa memutar ulang video, atau membaca kembali materi. Buat rangkuman yang menarik. Catatan yang ditulis dengan menarik akan membuat kamu betah membacanya.

  1. Hidupkan Grup Kelas

Interaksi tidak langsung yang terjadi menjadi salah satu tantangan terbesar kuliah online. Butuh effort yang lebih besar agar kuliah online berjalan efektif. Keterbatasan komunikasi menjadi salah satu alasannya.

Meski demikian, kamu mesti segera adaptif dengan situasi sekarang. Hidupkan grup kelas sebagai wadah diskusi atau sharing mengenai materi perkuliahan. Tak bisa dimungkiri, teman sekelas punya peran cukup besar dalam proses memahami materi perkuliahan.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan mood yang bagus saat kuliah online. Meski kuliahnya di rumah aja, enggak seharusnya kamu malas-malasan. Biar semangatmu terpacu, selain kuliah online kamu bisa menyibukkan diri dengan mengikuti pelatihan online yang membantumu mengupgrade skill.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Write A Comment