Tidak sedikit fresh graduate yang bingung bagaimana caranya masuk ke dalam dunia kerja, kurangnya pengalaman dan pengetahuan menjadi faktor utama. Bingung memulai dari mana, apa yang harus dipersiapkan, serta bagaimana cara melamar pekerjaan itu sendiri. Sehingga banyak fresh graduate yang salah dalam membuat CV atau tidak maksimal ketika melakukan proses interview. Oleh sebab itu, sebagai seorang fresh graduate perlu aktif untuk mencari tahu bagaimana caranya untuk memulai sebuah karir. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dipersiapkan oleh fresh graduate!

Mengenal Diri Sendiri

Banyak fresh graduate yang ketika lulus bingung ingin melamar pekerjaan pada posisi atau bagian apa, hal ini adalah kesalahan yang cukup fatal. Ketika duduk di bangku perkuliahan kalian harusnya sudah dapat mengetahui mata kuliah apa yang kalian sukai dan kuasai. Setelah lulus kuliah kalian dapat mencari pekerjaan yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut. Meskipun belum memiliki pengalaman hal ini tentunya menjadi nilai tambah di mata perusahaan, karena kalian melamar bidang pekerjaan yang setidaknya sudah kalian pelajari lebih dalam.

Mengetahui CV yang Baik dan Benar

CV merupakan hal utama yang harus dimiliki fresh graduate untuk melamar pekerjaan. Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisikan informasi mengenai data diri, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa CV tidak perlu menggunakan desain yang terlalu berlebihan, cukup gunakan desain yang sederhana tetapi sudah mencakup informasi mengenai diri kalian secara jelas. Selain data diri, kalian perlu mencantumkan pengalaman dan kemampuan yang spesifik. Artinya, sesuaikanlah dengan posisi atau persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. CV adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri kalian, sehingga kalian harus persiapkan CV dengan baik dan benar.

Menjadi Realistis

Belum memiliki banyak pengalaman tentunya berpengaruh pada hak yang didapatkan fresh graduate ketika memulai karir dalam dunia kerja. Kalian harus menjadi realistis, bahwa perusahaan biasanya belum memberi gaji yang tinggi kepada fresh graduate. Tetapi, hal ini jangan membuat kalian malas untuk bekerja. Ubahlah pola pikir kalian, sebagai fresh graduate jangan terlalu berorientasi pada uang, jadikanlah tempat kerja pertama sebagai wadah untuk belajar. Fokuslah untuk mencari pengalaman sebanyak – banyaknya, maka gaji dan prestasi akan menyusul kalian.

Memahami Dunia Kerja

Dunia kerja dan kuliah adalah dua hal yang sangat berbeda. Ketika kuliah tanggung jawabnya adalah diri kalian sendiri dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang bagus. Namun dalam dunia kerja tanggung jawab kalian tentunya lebih berat, kalian dibayar untuk memajukan dan menyukseskan nama perusahaan. Maka dari itu, sebagai fresh graduate kalian harus memahami sistem dunia kerja. Bahwa kalian akan memiliki atasan yang menilai kinerja kalian secara langsung dan ada target yang harus kalian capai. Selain itu, kalian perlu beradaptasi dengan lingkungan kerja. Dimana kalian akan bekerja dengan rekan kerja yang mungkin memiliki usia jauh di atas kalian. Kalian dapat bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah bekerja untuk lebih memahami dunia kerja itu sendiri.

Memiliki Sikap yang Baik (Good Attitude)

Memiliki kemampuan yang baik tanpa dilengkapi dengan sikap yang sopan dan baik adalah hal yang percuma. Good attitude adalah hal yang cukup penting dalam dunia kerja. Biasanya perusahaan akan menilai sikap kalian dalam proses interview, bagaimana kalian berbicara dan bersikap terhadap interviewers. Sebagai fresh graduate kalian harus memiliki sikap yang baik, karena hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kalian.

Memperluas Networking

Melalui networking atau relasi yang luas dapat menjadi kesempatan bagi kalian untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak sedikit orang yang mendapatkan pekerjaan dari networking yang dimilikinya. Kalian dapat bertanya kepada keluarga atau teman lama yang sudah bekerja, apakah di tempat mereka bekerja ada lowongan yang sesuai dengan kemampuanmu. Tidak usah malu atau sungkan, karena sebagai fresh graduate kalian akan memerlukan networking yang luas untuk membangun karir kalian ke depannya.

Mengikuti Seminar atau Pelatihan

Banyak fresh graduate yang sering mengeluh sulit mendapatkan pekerjaan karena belum memiliki pengalaman yang cukup. Untuk itu, kalian dapat mengikuti seminar atau pelatihan singkat yang mendapatkan sertifikat. Karena, sertifikat tersebut dapat menjadi dokumen pendukung yang dilampirkan dalam CV kalian. Misalnya kalian menuliskan kemampuan Adobe Photoshop dan melampirkan sertifikat yang membuktikan kalian pernah mengikuti kelas untuk belajar Adobe Photoshop. Melalui sertifikat ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan bahwa kemampuan kalian sudah terbukti melalui sertifikat tersebut.

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman, tentu kalian kerap tidak percaya diri. Namun, kalian tetap harus percaya pada kemampuan yang kalian miliki. Mulailah mempersiapkan beberapa tips di atas, agar kalian dapat lebih semangat dan percaya diri untuk memulai karir!

Author

SEO Content Writer at Qourse.id. Loved to share an articles about Self Improvement!